Era Digital Dengan Perkembangan Teknologi Dari Masa ke Masa Yang Terjadi di Dunia

Era Digital Dengan Perkembangan Teknologi Dari Masa ke Masa Yang Terjadi di Dunia

“Era Digital Dengan Perkembangan Teknologi Dari Masa ke Masa Yang Terjadi di Dunia”. Seiring  Perkembangan zaman sejatinya diiringi juga dengan berkembangnya teknologi. Ini terjadi bukan hanya di Indonesia tetapi juga di seluruh belahan dunia lain.  Tanpa sadar perkembangan ini menghantarkan kita ke dunia Digital seperti sekarang ini.

Ada beberapa perkembangan teknologi yang terjadi di sekitar kita ini yang tanpa sadar atau tidak telah kita lalui. Berikut beberapa hal yang bisa dirangkuman fakta perkembangannya dari masa – ke masa :

  1. Dahulu Telephone umum adalah salah satu alat bantu komunikasi yang popular, sehingga mendorong beberapa bisnis rumahan untuk mengikutinya. Yaitu dengan makin maraknya Wartel ( Warung Telekomunikasi  ) dimana – mana. Namun seiring perkembangan Zaman dari masa kemasa maka bisnis yang menggiurkan ini semakin tersisih, karena sekarang ini hampir semua orang mempunyai Hand Phone ( HP ) sebagi alat komunikasi.
  2. Dahulu ada sebuah merk HP yang sangat merajai di seantero dunia ini tidak terkecuali di Indonesia yaitu HP merk Nokia dengan memakai OS Symbiannya itu. Namun seiring perkembangannya Nokia tergantikan oleh dominasi Black Barry.  Entah karena tidak belajar dari pendahulunya itu Black Barry yang sangat minim kreatifitas sehingga hanya mampu bertahan beberapa tahun saja, digerus dengan perkembangan teknologi lainnya yaitu dengan  hadirnya HP dengan basis OS Android yang bertahan sampai sekarang ini.
  3. Dahulu Black Barry merajai dengan feuture Chatingnya yaitu BBM sehingga tiap orang selalu menanyaka pin BB nya, namun seiring erkembangan zaman Chating dengan BBM an tergantikan oleh hadirnya WhatsApp, Line, Telegram dan lainnya
  4. Dahulu sekitar 10 tahunan lalu, Yahoo telah merajai dunia internet namun seiring zaman di gilas oleh makin perkasanya Google.
  5. Sebelum maraknya dunia Internet, dahulu Media seperti surat kabar, majalah, bahkan Televisi sangatlah berpengaruh dan merajai dunia informasi, gossip, dan hal – hal lain yang sedang hangat diperbincangkan di dunia, namun hal itu tergerus oleh Media social seperti  FaceBook, Twiter, Instagram, Linkedin dan juga YouTube.
  6. Dahulu berbagai Department Store besar seperti Matahari, Ramayana, Robinson dan Retail – retail ternama seperti Goro, Sogo, Carrefour, Hypermart, Alfamart sempat menjamur dan merajai berbagai sector perdagangan, namun semuanya tergantikan dan bahkan banyak yang bangkrut seiring waktu oleh hadirnya MarketPlace di dunia maya seperti Lazada, Tokopedia, Buka Lapak, OLX, dan lainnya.
  7. Dahulu bila kita ingin menggunakan transportasi seperti ojek atau taxi, ataupun pergi mencicipi kuliner disekitar kita, kita harus menunggu beberapa puluh menit atau mencarinya dengan begitu sabar, namun hal itu sekarang sudah bisa dilakukan di rumah hanya dengan meng order melalui layanan Grab, Gojek, Uber dan lainnya.
  8. Dahulu untuk memulai usaha seperti berdagang pastinya dibutuhkan modal yang tidak sedikit, seperti membangun atau mengontrak took / warung, namun sekarang ini dengan kemajuan teknologi internet bias dilakukan dengan berdagang atau membuat toko online ataupun dropship produk ternama dengan modal yang sangat minim yaitu aplikasi HP.
  9. Dahulu untuk mencapai kesuksesan orang selalu bersusah payah untuk kuliah sampai S1, S2 bahkan S3, namun hal itu tidak bisa menjamin masa depan yang sukses. Karena seiring perkembangan teknologi di dunia digital sekarang ini dengan bnayaknya peluang – peluang kesuksesan bisa diraih seperti propesi digital marketer, pebisnis online, IT, Programer dan lainnya

Melihat fenomena – fenomena diatas pastinya ada beberapa sisi baik positif maupun negatif, namun seharusnya sekarang ini kita bisa melek atau tersadarkan bahwa dunia teknologi sekarang ini lebih menguasai dan mendominasi segala bidang, serta kreatifitas untuk “out of the box” sangatlah perlu karena Dunia tidak akan tinggal diam.

Jadi ksimpulan yang bisa diambil Di Era Digital ini kita jangan mau ketinggalan atau tergilas oleh perkembangan teknologi,  justru dengan perkembangan itu kita harus bisa tampil dan bisa memanfaatkannya untuk berkreatifitas dan berkarir untuk bertahan dan meraih kesuksesan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *